Selasa, 18 Februari 2014

Mengenal Registry



            Well, selama ini mungkin kita udah sering buka-buka registry editor. Tapi tau ngga’ sih apa sebenarnya registry itu? Udah tau ngga’ aturan main di dalam area registry?? Udah tau fungsi dari masing-masing handle key?? udah tau apa yang boleh dan ngga’ boleh dilakukan dalam mengutak-atik registry?
        Okay, kita mulai dari arti registry itu sendiri. Registry adalah serangkaian konfigurasi yang dipakai windows untuk mengontrol hardware dan software yang terinstal pada PC. Registry dibentuk oleh dua file, yaitu system.dat dan user.dat yang berada di direktori windows. Dua file ini memiliki file backup yang bernama system.da0 dan user.da0. Kamu bisa mengatur registry sedimikian rupa sehingga komputermu jadi lebih joss!! Dan satu lagi neeh… Dalam pembuatan virus, registry juga berperan banget (menurut gue sich…) untuk membuat virusmu jadi tambah kuat dan makin melekat di kompy hihihi…..
Ada lima key utama (Handle Key) pada registry :



HKEY_CLASSES_ROOT
(subkey dari HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Classes)
Tempat menyimpan informasi yang akan memastikan bahwa file-file yang kamu buka dibuka dengan aplikasi yang benar.

HKEY_CURRENT_USER (Subkey dari HKEY_USERS)
Mengandung beragam informasi tentang user (pengguna yang sedang menggunakan Pc). Bukan cuma profil aja, tapi semua settingan kompy masing-masing user ada disini.

HKEY_LOCAL_MACHINE
Mengandung informasi tentang setting windows secara keseluruhan bagi seluruh pengguna PC. Setting yang dimaksud disini meliputi hardware dan software.

HKEY_USERS
Udah jelas khan dari namanya… Yup, isi dari handle key yang satu ini adalah data dari seluruh pengguna PC.

HKEY_CURRENT_CONFIG
Berisi info tentang profil hardware yang digunakan PC saat komputer nyala.

Apa saja yang boleh dilakukan di area registry?

        Kamu boleh memakai program lain selain regedit.exe-nya windows untuk mengotak-atik registry. Program seperti ini udah banyak berserakan di internet. tampilannya lebih bagus, bahkan ada yang disertakan penjelasan plus tutorial.

          Kamu boleh membuat backup kapan saja. Dan memang sangat disarankan, sebelum kamu mulai untuk otak-atik registry, sebaiknya dibackup dulu.. Cukup klik di handle key atau key pada area yang mau kamu otak-atik. trus klik file>> eksport dan simpan dengan nama terserah kamu.
Bagi yang bener-bener ngga’ tau apa-apa soal registry, sebaiknya jangan otak-atik pada bagian policy. Yeah batasi diri aja… Tapi kalo nekat sich ngga’ apa-apa. Paling banter juga instal ulang windows…
Apa saja yang tidak boleh dilakukan?
  • Jangan menggunakan kode registry dari versi windows yang berbeda
  • Jangan pernah meninggalkan Registry Editor dalam keadaan terbuka.
  • Jangan pernah menyalin registry dari komputer lain kecuali kamu faham benar dengan apa yang kamu lakukan.
  • Jangan coba-coba menghapus Handle Key.



Poskan Komentar
Call of Duty Black Ops 15th Prestige