Kamis, 22 Agustus 2013

Pengertian Dasar dan Istilah PHP (Hypertext Prepocessor)



             Pada Posting kali ini Saya akan menjelaskan sedikit tentang bahasa pemrograman PHP bagi Sahabat Gitsu yang masih awam (Newbie). Secara umum singkatan dari "PHP (Hypertext Prepocessor)", yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari "Personal Home Page Tools".


            Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi 3.0, nama bahasa ini diubah menjadi "PHP: Hypertext Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5. Berdasarkan survey Netcraft pada bulan Desember 1999, lebih dari sejuta site menggunakan PHP, di antaranya adalah NASA, Mitsubishi, dan RedHat.

            Selain mudah untuk digunakan, PHP sendiri juga dapat berkomunikasi dengan berbagai macam database dan mengenal semua protokol internet. Class-class atau fungsi-fungsi yang terdapat dalam bahasa pemrograman. PHP dapat anda temukan dengan mudah di internet.
            Salah satu fungsi dari PHP yang paling mendasar adalah fungsi echo(). Fungsi echo() tersebut digunakan untuk menampilkan string yang nantinya akan diterjemahkan oleh browser anda. String tersebut dapat berupa teks ataupun tag HTML.

Beberapa kelebihan dari PHP (Personal Home Page) adalah:
  • Bahasa Pemrograman PHP merupakan sebuah Bahasa Script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
  • Web Server yang mendukung PHP dapat anda temukan di internet, mulai dari IIS sampai dengan Apache, dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah karena banyak sekali milis atau forum dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • Bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling mudah karena banyak referensi yang bisa anda dapatkan di internet.

PHP dan HTML
          PHP Merupakan bahasa pemrograman yang biasanya ditulis bersama kode HTML. Tidak seperti bahasa pemrograman HTML yang langsung dikirim dari Web Server ke browser, script pada pemrograman PHP diparsing dulu oleh PHP binary dalam komputer server.

          Elemen HTML tetap dibiarkan sementara kode bahasa pemrograman PHP di eksekusi terlebih dahulu dan hasil dari eksekusi tersebut dalam bentuk HTML yang akan dikirim ke browser pengguna.

          Kode bahasa pemrograman PHP ini mampu menjalankan perintah database, membuat gambar, membaca dan menulis file, serta kemampuan lainnya yang tidak memiliki batas.

           PHP adalah bahasa pemrograman open source yang dapat digunakan di berbagai platform seperti linux, windows, unix, dan sebagainya. PHP dapat dijalankan secara runtime dan realtime melalui console dan dapat menjalankan perintah-perintah pada sistem.

Nach...Mungkin cuma itu saja yang bisa Saya Sampaikan bila ada kesalahan penulis mohon di betulkan, karena di sini (Dunia Maya) kita sama-sama belajar dan selalu ingat di atas langit masih ada langit.

Thanks To Resource:
Semoga Bermanfaat
Dan
Salam Blogger Indonesia

Poskan Komentar
Call of Duty Black Ops 15th Prestige