Jumat, 23 Agustus 2013

Pengertian Dasar Tentang CMS (Content Management System)




Selamat Tengah Malam Sahabat Gitsu....
Di tengah malam ini dan mumpung saya gak bisa tidur, saya akan berbagi ilmu pengetahuan lagi. Tentunya tentang dunia Website yaitu pengetian dasar tentang CMS (Content Management System). Content Management System atau disingkat CMS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang mempunyai sistem sedemikian rupa sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dan juga pengelola. Agar dapat diakses baik oleh pengguna maupun pengelola, CMS memerlukan sebuah Web Server.

            Sebuah website yang menerapkan sistem CMS biasanya lebih berorientasi terhadap konten, dan sudah bukan merupakan kendala yang berarti bagi manajemen suatu perusahaan atau organisasi dalam memperbarui atau membuat sebuah website.

            CMS merupakan sebuah sistem yang berfungsi mengelola sekaligus memberikan fasilitas untuk pembuatan dan publikasi konten sebuah website. Konten yang disajikan lebih mengacu pada sebuah informasi yang di dalamnya memuat teks, gambar, video, maupun format lain yang dikelola dengan tujuan untuk memudahkan proses pembuatan website.

            Dengan adanya CMS yang terintegrasi pada sebuah website, seseorang dalam melakukan pengelolaan website dinamis akan semakin dipermudah, bahkan untuk pemula sekalipun dapat mengelola suatu website dan konten dengan sangat cepat dan mudah tanpa harus mempunyai keahlian khusus tentang bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, MySQL, dan sebagainya.

             Secara umum sebuah CMS memiliki dua bagian kategori, diantaranya adalah Frontend dan Backend. Untuk Hak akses atau keanggotaan pada sebuah CMS seringkali disebut dengan Public Frontend dan Public Backend.  

             Public Frontend merupakan sebuah kelompok yang dapat melakukan akses atau login pada halaman depan (frontend) namun tidak mendapatkan hak untuk melakukan akses atau login pada halaman administrasi (Backend), sedangkan Public Backend merupakan sebuah kelompok yang dapat melakukan akses atau login baik pada halaman depan (frontend) maupun pada halaman administrasi (Backend).

             Fitur dan kecanggihan tiap-tiap CMS berbeda-beda, tergantung dari jenis CMS yang digunakan. Beberapa CMS yang sering digunakan untuk para pemula antara lain adalah Joomla, Drupal, Wordpress, Aura CMS, dan sebagainya.

Manfaat penggunaan CMS secara umum diantaranya adalah:
  • Untuk membangun sebuah website (Perusahaan, Organisasi, Komunitas, Bisnis);
  • Sebagai Portal untuk website dinamis;
  • Sebagai aplikasi E-Commerce, dsb.

Keberadaan CMS di dunia internet dan juga komunitas open source yang semakin banyak ikut memberikan pengaruh besar untuk menjadikan teknologi CMS menjadi murah (dari segi harga) tetapi tidak murahan (dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih). Dengan menggunakan CMS pada sebuah website akan memberikan nilai lebih karena CMS secara tidak langsung dapat meningkatkan fungsionalitas dan fleksibilitas website tersebut.

Keunggulan dan Kelemahan CMS
Beberapa keunggulan dan kelemahan yang ada pada CMS. Sebenarnya masing-masing CMS (seperti: Drupal, Wordpress, Blogger, Aura CMS, dan sebagainya) juga mempunyai keunggulan dan kelemahan, tinggal pilih saja CMS mana yang sesuai dengan kriteria yang  anda inginkan. Berikut ini beberapa keunggulan dan kelemahan CMS Joomla:

Keunggulan:
  • CMS Joomla diklaim sebagai CMS Open Source dengan pengguna terbanyak di dunia.
  • CMS Joomla digunakan oleh website yang sederhana hingga website profesional.
  • CMS Joomla sering update, baik dari sisi CMS itu sendiri maupun dari sisi Plugin.
  • CMS Joomla sangat mudah untuk dioperasikan.
  • CMS Joomla dapat dijalankan atau di install pada komputer lokal.
  • CMS Joomla memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap.
  • CMS Joomla mempunyai plugin tambahan yang kompleks (baik dari Joomla maupun dari pihak ketiga).
  • Template pada CMS Joomla dapat diubah atau di edit sesuai dengan yang kita inginkan, dan kita juga dapat membuat template sendiri untuk CMS Joomla.
Kelemahan:
  • CMS Joomla untuk defaultnya tidak mendukung SEF (Search Engine Friendly).
  • Link atau URL pada CMS Joomla sulit untuk dikenali oleh Search Engine.
  • Tidak adanya fasilitas Multi Site pada CMS Joomla.
  • Perlu adanya sedikit optimasi pada CMS Joomla agar dapat mendukung SEF.
  • Masih banyak plugin yang error atau tidak disupport untuk beberapa versi Joomla.
  • CMS Joomla tidak mempunyai fasilitas Tracker dan Statistik yang kompleks.
Nach...demikian sekilas Pengertian Dasar Tentang CMS, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan kita amin....^_^
Dan Tidak Luput juga Thanks kepada sumber-sumber yang sudah menyediakan informasi yang bermanfaat ini:

>>Salam  Blogger Indonesia<<

Poskan Komentar
Call of Duty Black Ops 15th Prestige